PENDELEGASIAN WEWENANG
Pengertian Delegasi
Delegasi adalah suatu pelimpahan wewenang dan tanggung jawab formal kepada oranglain untuk melaksanakan kegiatan tertentu. Ada alasan mengapa diperlukan pendelegasian, yaitu :1. Memungkinkan atasan dapat mencapai lebih dari pada mereka menangani setiap tugassendiri.2. Agar organisasi dapat berfungsi lebih efisien.3. Atasan dapat memusatkan tenaga kepada suatu tugas yang lebih diprioritaskan.4. Dapat mengembangkan keahlian bawahan sebagai suatu alat pembelajaran darikesalahan.5. Karena atasan tidak mempunyai kemampuan yang dibutuhkan dalam pembuatankeputusan.Dibawah ini adalah prinsip – prinsip klasik yang dapat dijadikan dasar untuk delegasiyang efektif :1. Prinsip scalar.2. Prinsip kesatuan perintah.3. Tanggung jawab, wewenang, dan akuntabilitas.Yang memungkinkan gagalnya delegasi, yaitu:1. Atasan merasa lebih jika mereka tetap mempertahankan hak pembuatan keputusan.2. Atasan tidak ingin ambil resiko kalau saja bawahannya salah ataupun gagal dalammenjalankan wewenangnya.3. Atasannya kurang atau tidak percaya kepada bawahannya.4. Atasan takut apabila seorang bawahannya melakukan tugas dengan sangat baik danefektif, sehingga dapat mengancam posisinya sebagai atasan.5. Bawahan tidak menerima dengan alasan dapat menambah tanggung jawab yang sudahditerima.6. Bawahan takut tidak dapat menjalankan tugas – tugas dengan benar dan dikatakangagal.7. Bawahan merasa tertekan apabila dilimpahkan tanggung jawab yang lebih besar.
DELEGASI WEWENAG
Delegasi
adalah pelimpahan wewenang dan tanggung jawab formal kepada orang lainuntuk melaksanakan kegiatan tertentu
Delegasi wewenang
adalah proses di mana para manajer mengalokasikan wewenang ke bawah kepada orang-orang yang melapor kepadanyaPedoman Klasik Untuk Delegasi Efektif :1.Prinsip scalar, dalam proses pendelegasian harus ada garis wewenang yang jelaskarena akan membuat anggota organisasi lebih mudah untuk mengetahui :a.Kepada siapa dia dapat mendelegasikan b.Dari siapa dia akan menerima delegasic.Kepada siapa dia harus memberikan pertanggung jawaban
2.Prinsip kesatuan perintah, menyatakan bahwa setiap bawahan dalam organisasiseharusnya melapor hanya kepada seorang atasan3.Tanggung jawab dan akuntabilitas, menyatakan bahwa :a.Agar organisasi dapat menggunakan sumber dayanya dengan lebih efisien b.Konsekuensi wajar peranan tersebut adalah bahwa setiap individu dalamorganisasi untuk melaksanakan tugas yang dilimpahkan kepadanya secaraefektif c.Bagian penting dari delegasi tanggung jawab dan wewenang adalahakuntabilitas penerimaan tanggung jawab dan wewenang berarti individu juga setuju untuk menerima tuntutan pertanggung jawaban pelaksanaantugasPenaggulangan Hambatan-Hambatan DelegasiLouis Allen mengmukakan 6 teknik khusus untuk membantu manajer melakukandelegasi dengan efektif :1.Tetapkan tujuan2.Tegaskan tanggung jawab dan wewenang3.Berikan motivasi kepada bawahan4.Meminta penyelesaian kerja5.Berikan latihan6.Adakan pengawasan yang memadai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar