""SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA""

Rabu, 12 Oktober 2011

"KELANGKAAN DAN KETERBATASAN BARANG DALAM ELEKTRONIKA"

NAMA : ALIARKHAM.JAYA
NPM : 10411600
KELAS : 1IB02
KELANGKAAN ATAU KETERBATASAN BARANG ELEKTRONIKA”
Pengertian dari kelangkaan.
Apa yang tersirat dalam benak kalian teman akan pengertiaan dari kelangkaan.?
Kelangkaan adalah suatu kejadian dimana pada saat manusia ingin mengkonsumsi lebih banyak dari pada yang di produksi ataupun pada saat di inginkan manusia lebih banyak dari pada persediaan yang ada dapat di /bilang produksi.Manusia dasarnya tidak ada rasa puasnya malah ada rasa terus menerus ingin menambah.jadi kelangkaan dapat di artikan dimana situasi ataupun keadaan dimana sumberdaya yang sudah ada tetapi tetap di rasakan kurang ataupun kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup (manusia).
Kelangkaan mengandung 2 pengertian :
a)      Alat untuk memenuhi kebutuhan.
b)      Untuk alat pemuas kebutuhan.
Jenis-jenis kebutuhan terbagi menjadi 3 yaitu:
1.Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang benar-benar amat sangat dibutuhkan orang dan sifatnya wajib untuk dipenuhi. Contohnya adalah seperti sembilan bahan makanan pokok / sembako, rumah tempat tinggal, pakaian, dan lain sebagainya.
2. Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan sekunder adalah merupakan jenis kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan pokok primer telah semuanya terpenuhi dengan baik. Kebutuhan sekunder sifatnya menunjang kebutuhan primer. Misalnya seperti makanan yang bergizi, pendidikan yang baik, pakaian yang baik, perumahan yang baik, dan sebagainya yang belum masuk dalam kategori mewah.
3. Kebutuhan Tersier / Mewah / Lux
Kebutuhan tersier adalah kebutuhan manusia yang sifatnya mewah, tidak sederhana dan berlebihan yang timbul setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan kebutuhan skunder. Contohnya adalah mobil, antena parabola, pda phone, komputer laptop notebook, tv 50 inchi, jalan-jalan ke hawaii, apartemen, dan lain sebagainya.
Contoh alat kebutuhan tersier seperti :
v  Mobil
v  Motor
v  TV
v   HP
Dalam menghadapi masalah kelangkaan, ilmu ekonomi berperan penting karena masalahnya ekonomi yang sebenarnya adalah bagaimana kita mampu menyeimbangkan antara keinginan yang tidak terbatas dan alat pemuas kebutuhan yang terbatas.
Kita ambil kelangkaan barang elektronika di sumatra barat saat terjadi gempa bumi pada tahun 2009.Saat  akses jalan terbatas di sana.Segala barang elektronik guna mendapat informasi susah di dapatkan. Gempa bumi Sumatera Barat 2009 terjadi dengan kekuatan 7,6 Skala Richter di lepas pantai Sumatera Barat pada pukul 17:16:10 WIB tanggal 30 September 2009 Gempa ini terjadi di lepas pantai Sumatera sekitar 50 km barat laut Kota Padang Gempa menyebabkan kerusakan parah di beberapa wilayah di Sumatera Barat seperti Kabupaten Padang Pariaman,Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Pariaman, Kota Bukittinggi, Kota Padangpanjang, Kabupaten Agam, Kota Solok, dan Kabupaten Pasaman Barat. Pada saat terjadianya musibah tersebut.Perangkat elektronik sulit ditemukan khususnya HP (handphone). Masyarakat atau korban bencana sulit untuk meminta bantuan jarak jauh karena kesulitan atau kelangkaan HP.dan di sana pun sinyal hp pun tidak ada karna di pelosok desa.
oleh sebab itu, pertolongan pertama cukup lambat di dapatkan.dan bantuaan pun sulit untuk di turunkan.
Disana barang-barang elektronik sulit di dapatkan atau di peroleh.sekalipun ada tapi jauh mereka harus pergi ke padang kota untuk membelinya.rata-rata warga di sana menggunakan para bola karna di sana tidak mendapatkan sinyal misalkan menggunakan antena tv maka tidak ada gambarnya.
Harganya pun relatif mahal untuk mendapatkannya.

Jadi dari peristiwa tersebut dapat di simpulkan bahwa kelangkaaan adalah suatu peristiwa atau pun keadaan makhluk hidup yang tidak terbatas tetapi dihadapkan oleh sebuah alat yang terbatas sehingga terjadilah kelangkaan.
Sumber  : Google,berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar